Selasa, 27 Maret 2012

never mind accident


sekitaran bulan juli 2011 tepatnya pas liburan kenaikan kelas.
ceritanya emak asli cirebon. dan kita kesono tiap 2 taun sekali karna babe gak segampang ngupil buat dapet ijin cuti panjang.
dan lagi domisili kita di malang. taun kemarin itu jadwal kita ksono. nah pas kita kesono kakek gue yang biasa gue panggil 'abah' lagi sakit.
biasa udah udzur. umurnya udah sekitar > 90 taunan.

kita termasuk yang ditunggu tunggu sama keluarga besar disono. karna emang yang paling jauh sendiri. dari 7 bersodara emak yg paling jauh.
yang lain palingan masih sekitaran jabar sama jateng. jatengnya pun cuma di brebes.
pas ketemu kita sekeluarga abah seneeeng banget. kangen mungkin ya hehe. kita disono sekitar semingguan. maklum babe cuma dapet cuti segitu.
kita bawa mobil pribadi. bayangin malang - cirebon, ditempuh dalam waktu sekitar 17 jam. kenapa gak milih naik pesawat ato kereta yang lebih praktis? soalnya babe lebih suka bawa mobilnya sendiri. biar disananya gak repot katanya.

saya mengalami banyak great moment. ketemu sodara-sodara sekeluarga besar. wisata kuliner di sekitaran cirebon sama kuningan. ke kaki gunung ciremai. bakar ikan bareng-bareng yang hasil pancingan sendiri .
sampe mandi air panas di ci... apa gitu. karna rumah abah di daerah bebukitan jadi udara sejuk. pas kita mau pulang semuanya pada sedih gitu. apalagi si abah :(
emak saya sampe nangis. padahal jarang banget emak nangis, malah hampir gak pernah. terharu juga siih tapi kan masih ada taun-taun berikutnya.

udah semingguan sehabisnya dari sono, dapet kabar kalo abah kritis. emak sediih banget sampe nangis lagi. gak tega ngeliatnya.
akhirnya sama babe emak disuruh pesen tiket pesawat/kereta buat kesana sendiri. karna babe gak bisa ambil cuti lagi. nah yang berangkat rencananya cuma emak sama adek aja.
aku gak bisa soalnya liburan udah mepet.

kalo gak salah tanggal 5 juli aku nganter emak beli tiket ke stasiun kota baru malang. berhubung udah akhir-akhir masa liburan, tiketnya udah sold out semua.
setelah muter-muter ke agen-agen biro perjalanan di sekitaran situ, pilihannya ada 2 naik bus malam (lorena/karina) apa kereta (agro bromo) tapi lewat calo.
terus kata babe mending naik kereta aja. oke tiket udah dapet.

udah dapet tiket, kita pulang. tapi tiba-tiba bukannya nyampek dirumah eh tau-tau aku sadar lagi dikerumunin banyak orang di pinggir jalan. disitu masih belom jelas setengah sadar, kepala beraaat banget rasanya. sempet noleh ngeliat emak berdarah-darah. masih gak bisa ngomong apa-apa udah gelap, pingsan lagi. sadar lagi pas ada di ambulans. disitu gak tau deh dapet inisiatif dari mana, masih setengah sadar aku langsung nyari hape langsung telpon babe. cuma sempet ngomong "yah, mama kecelakaan" terus babe jawab "innalillahi! kecelakaan dimana?" nah pas itu aku udah gak sadar lagi, pingsan lagi. bangun-bangun udah ada di semacam ruangan rumah sakit, lagi dikelilingi sama dokter-doter.
pengen noleh nyari emak gak bisa, mulai dari rahang sampe leher sakit banget digerakin. habis di foto rognten, dipasang infus, dipasang neck coller , akhirnya saya maksain noleh nyari emak.
ternyata ada di sebelah, dari telinga kanannya ngeluarin darah terus. aku nanya " mama gak papa ?" terus emak cuma ngangguk doang. aku nanya sama salah satu dokternya ini dimana.
katanya di IGD RSUD Saiful Anwar. gimana ceritanya bisa ada disono. persaan tadi lagi enak-enaknya nyetir. eh tau-tau kok udah begini.

terus dateng babe. babe keliatan bingung kaget campur aduk gak karuan. karna di saiful anwar kamarnya penuh dan babe pegawai negeri akhrinya dipindah ke RST Dr.Soepraoen.
sengaja satu kamar sama emak biar njaganya gampang. seharian cuma bisa tidur. masih setengah sadar gimanaa gitu. aku masih gak bisa jawab pas ditanyain babe, budhe, tante, sodara-sodara sekalian gimana ceritanya kecelakaannya. boro-boro mau jawab, aku aja gak ngerti gimana kejadiannya, tabrakan sama apaan. sempet denger babe telpon sama keluarga di cirebon. sempet juga denger kata kata yang bikin penasaran tapi nyesek,"innalillahi wainnalilahi roji'un, iya kalo semua udah baikan baru dikasih tau. sekarang biar istirahat dulu." . dari sini aku udah menyimpulkan kalo abah meninggal :'''(

besok paginya baru sadar sepenuhnya. ngeliat emak di sebelah masih tidur, mukanya bonyok, telinganya masih ngeluarin darah, kasian. ngerasa bersalah banget, soalnya aku yang nyetir. aku coba nginget nginget kejadiannya. dan sampe sekarangpun tetep gak ngerti gimana kronologisnya. okelah mungkin cobaan dari Allah. diterima aja deh. inget pas ayah telpon kemarin, aku nyoba tanya pelan-pelan ke ayah. mastiin abah beneran udah meninggal apa enggak. ternyata bener, abah udah meninggal, sore/malem (lupa) pas kita kecelakaan itu. pasnya lagi 6 julinya emak ulang tahun. ya ampuun sesuatu.


dan dari kecelakaan ini hasil yang didapet
1. mama gagar otak ringan
2. aku retak tulang leher, harus pake neck coller selama sebulan, alhasil gak bisa noleh -__- (dan itu udah masuk sekolah)
3. abah meninggal sehari sebelum emak ulang tahun :(
4. motorku hooy, ancurnya agak absurd, masa yang ancur depannya doang tapi belakang sama samping mulus?
5. dompet, ktp, sim, kartu berharga lainnya ilang entah kemana. (tega banget yang nyopet?)

ya Allah semoga engkau ampuni semua dosa-dosa abah dan menerimanya di sisimu . amin :')

ini ada foto-foto motorku habis kecelakaan itu. agakk gak jelas sih tapi gapapa deh, buat bonus :)







2 komentar: